RSS

Tugas Akhir IMK (Analisis)

June 26

II. Analisis Web

1.1 User Interface

Image

Logo

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.(wiki)

Penempatan logo di sebelah kanan membuat web ini tidak nyaman digunakan oleh penduduk Indonesia dengan bahasa Indonesia yang orientasi teksnya dari kiri ke kanan, terlebih lagi jika user mengklik logo ini tidak mengarahkan ke halaman home, sehingga untuk kembali ke home user harus mengklik menu home.

1.2 Web Navigation

Menu

Menu walaupun terdapat menu seperti “tentang siak”, “pemerintah” dan lainnya tetapi jika di klik user tidak di tautkan ke halaman yang dimaksud tetapi dibawa ke halaman home.

Image

Dropdown menu yang digunakan tidak mudah digunakan oleh user yang masih sulit menggunakan mouse dan user dipaksa harus mengikuti path menggunakan mouse untuk mencapai halaman yang diinginkan user. Bagi orang yang terbiasa dengan mouse mungkin tidak akan menemui kesulitan berarti, tetapi kabupaten siak merupakan kabupaten “baru” dimana penduduk masih jauh dengan teknologi, mereka akan menemui kesulitan dalam melakukan task.

Image

1. Breadcrumb

Penggunaan breadcrumb memberitahu user dimana dia sedang berada , web ini sudah menggunakan breadcrumb tetapi breadcrumbnya masih tidak jelas

Image

Ada home>>berita>>berita, tentu user akan bingung dimana dia sedang berada.

Image

Font sizenya terlalu kecil menyebabkan user agak “malas” untuk membaca artikel pada web ini whitesapce tidak sama.

Terdapat running teks di atas artikel cukup mengganggu sehingga kosentrasi user berpindah-pindah fokus melihat running teks kemudian baca terus menerus berulang hal ini menyebabkan user cepat lelah, tentu hal ini sangat mengganggu.

Pada Kolom terdapat ketidak konsistenan jika pada home ada 3 kolom tapi pada saat membaca artikel menjadi dua kolom.

Image

Layout yang tidak teratur saat membuka halaman “Pemerintahan”

Image
Pada saat melihat struktur pemerintahan kabupaten siak tampilan web menjadi tidak teratur, layout menjadi lebar ke kanan, tidak user centered, hal ini tentu sangat tidak nyaman untuk dilihat.

ImageImage

Penempatan “pencarian” terlalu memakan space. Padahal pencarian bisa diletakkan di pojok kanan atas dimana space masih tersedia. Jika fungsi pencarian diletakkan di kanan atas maka bisa menghemat space.

Link pemerintah terdapat animasi “Klik disini” seolah-olah seperti iklan yang banyak dibaikan oleh pengunjung web kebanyakan. Seharusnya cukup dengan logo saja.

 

Posted by on 26 June 2010 in TA IMK

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *