RSS

Tugas Akhir IMK (Pendahuluan)

June 26

TUGAS AKHIR
M.K INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
SEMESTER GENAP 2009/2010

Kajian Situs
http://siakkab.go.id

oleh:
Khamdan Amin Bisyri
G64070080

logo-ipb

INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2010

Daftar Isi

I.Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan
1.3 Web Usability

II. Analisis Web

III. Penutup
3.1 Kesimpulan dan Saran
3.2 Daftar pustaka

I.Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Latar belakang pemilihan web siakkab.go.id karena situs ini merupakan situs resmi pemerintah kabupaten yang sedang berkembang dan web yang menjadi satu-satunya sumber yang dipercaya untuk keperluan survey maupun keperluan lainnya yang dapat diakses secara cepat melalui web browser di manapun berada, seluruh informasi-informasi seputar kabupaten siak ada di website ini. Selain informasi kecamatan-kecamatan seperti kondisi kecamatan kondisi sekolah dan lain-lainnya terdapat juga informasi mengenai jadwal sholat, berita-berita di kabupaten siak dan link-link pemerintah.

Mengingat web ini merupakan web resmi dan dapat menjadi sumber yang dipercaya maka perlu pengkajian web usability pada web ini agar user yang akan menggunakan web ini tercapai task-task yang diinginkan.

1.2 Tujuan

Tujuan dari pengkajian web ini agar admin dari web pemerintah kabupaten Siak memperbaiki kekurangan yang ada saat ini sehingga lebih baik lagi kedepannya, dan dapat dipergunakan oleh user secara maksimal, karena jika sebuah web memiliki usability yang baik maka user akan lebih betah untuk melihat-lihat apa yang ada pada web, dan sebaliknya jika usability-nya kurang maka user akan cepat bosan dan meninggalkan situs tersebut.

Image

1.3 Web Usability
Definisi Usability
Usability adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kemudahan yang didapat seseorang dalam menggunakan sebuah alat atau obyek ciptaan manusia lainnya dalam mencapai sebuah tujuan (goal). Pada analisis kali ini akan dilakukan pengkajian dari segi usability untuk mengetahui seberapa mudah situs dapat digunakan untuk menyelesaikan task-task yang ada.

Mengapa Usability Diperlukan?
Web Usability merupakan cerminan dari kebiasan yang umumnya dilakukan pengguna situs. Menurut pakar usability, Jakob Nielsen, memperhatikan usability sangat penting agar sebuah situs dapat bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang untuk lebih sering dikunjungi. Umumnya pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat dan jika sebuah situs gagal dalam menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna cenderung akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.

Bagaimana mengukur Usability?
Secara umum cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan bergantung pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut Jakob Nielsen terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur usability, yakni:
1.Succes Rate
Success rate merupakan tingkat kesuksesan pengguna dalam menyelesaikan semua task yang ada pada situs.
2.The Time a Task Requires
Waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menyelesaikan sebuah task
3.Error Rate
Tingkat kesalahan yang dilakukan pengguna saat menyelesaikan task.
4.Users’ Subjective Satisfaction
Tingkat kepuasan pengguna dalam menyelesaikan sebuah task.

 

Posted by on 26 June 2010 in TA IMK

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *